Liburan di Rumah Nenek

Terakhir kali dyah main bakar-bakaran seinget dyah waktu dyah kelas 5 SD, waktu itu karena bapak sedang dapet rumah dinas yang punya halaman belakang yang luas banget jadinya kami sekeluarga selalu bakar-bakar ikan setiap akhir minggu. Semenjak dyah pindah ke jogja kelas 6 nya, dyah engga pernah lagi bebakaran kayak waktu itu kecuali bakar sate setiap Idul Adha waktu masih di Krida.

Setelah bertahun-tahun engga main bakar-bakaran lagi, kemarin akhirnya dyah main bakar-bakar lagi. Kebetulan kemarin dika, dani, ibu dan aji lagi liburan ke jogja jadinya rumah ma’ endut (eyang) rame. Ide bakar-bakar sebenernya muncul dari ma’ endut yang sebelum cucu-cucunya dateng cerita sama dyah sama akung kalo beliau berencana mau bakar jagung sama ikan dihalaman rumah pas malam tahun baru. Dyah yang denger cerita ma’ endut langsung exited alias agak norak senengnya karena udah lama banget engga bebakaran. Tapi sebenernya pas hari H nya tepatnya pas malam tahun baru, kadar exited dyah buat bakar-bakaran menurun drastis soalnya dyah udah capek duluan abis praktikum dan pergi sama bapak ibu, belum lagi ditambah besok paginya harus bangun pagi-pagi buat pergi ke purwokerto. Dyah awalnya udah mau tidur jam Sembilan itu, sampe akhirnya mendapat panggilan dari ma’ endut untuk memimpin pasukan buat bakar jagung malam itu. Maklum lah dyah kan cucu pertama jadinya dyah kepala suku para cucu-cucunya ma’ endut. Awalnya super males karena udah ngantuk dan cape banget tapi karena antusiasme para pasukan krucil-krucil itu tinggi jadinya dyah seger lagi.

Bedanya main bakar-bakaran waktu dyah SD sama sekarang adalah sekarang bikin api sendiri. Ya iyalah udah pada gede juga dyah, dika sama dani. Jadilah malam itu, malam pertama dyah, dika, dani bikin api sendiri. Haih.ternyata bikin api itu suseh bo, butuh kesabaran dan kecekatan extra belum lagi kadar antusis para junior yang tinggi yang jatuhnya malah sedikit membuat huru hara. Tapi disitu serunya. Sambil terus berusaha buat api itu dyah sama dani yang terkontaminasi family outing (salah satu acara variety show korea) ngobrol-ngobrol berimajinasi kalo kita lagi jadi family outing ceritanya. “anggap aja kita lagi main family outing ya mba”, kata dani. “hahaha iya iya, bener bener, kayak yang lagi bikin makan malem itu ya. mba dyah jadi hyori ya, dani jadi jaesuk, dika jadi sooro ceritanya”, jawab dyah.

Engga tau udah berapa Koran yang diabisin buat mancing apinya, udah berapa banyak minyak tanah juga yang kita ciprat-cipratin biar cepet jadi, kipas-kipas dengan kecepatan penuh sampe pada nggelosor dibawah akhinya jam 10 baranya jadi juga. Waktu bara apinya udah jadi dan bakar jagung, rasanya jagung bakar itu jadi super enak banget, jadi enak banget soalnya bikin apinya penuh cerita. “huwaaaa….daebak masetha” kata dyah dan dani. Kami berdua bener-bener udah terkontaminasi family outing sampe kalimat-kalimat yang sering diucapkan pemainnya aja sampai kami tirukan.

Bakar-bakar malam tahun baru selesai, ternyata dani belum puas bakar-bakaran malam itu, karena yang dibakar cuma jagung dan cuma sebentar. Akhirnya kemarin rabu diulangi lagi bakar-bakarannya, tapi yang sekarang ini siang. Bakar-bakaran yang kali ini jauh lebih profe dari yang malam tahun baru kemarin karena yang sekarang waktu buat api akung turun tangan dan yang dibakar juga lebih seru. Hari itu kita bakar ikan nila, udang, jagung, sosis dan bakso ikan. Sosis dan bakso ikan sebenernya engga masuk daftar yang dibakar, tapi dyah dika sama dani terlalu gatel untuk membongkar kulkas ma’ endut dan mencari apa aja yang bisa dibakar. Hari rabu itu kita mulai persiapan bebakaran jam 9an dan sekitar jam setengah sebelas yang dibakar mateng semua, dengan sambel bawang dan sambel kecap dyah, dika, dani, ibu, aji, ma’ endut, akung begitu seru dan nikmatnya melahap hasil bakaran kita.

Aaahh…bentar lagi pasti akung bakalan upgrade tempat bakar-bakaran dari yang kemarin anglo jadi yang lebih mantap lagi deh, soalnya insyaallah tahun ini bakalan pada ngumpul di jogja sodara-sodara dyah semua. Oya, kata ma’ endut sama akung, temen-temen dyah juga boleh kok kalo mau bakar-bakaran dirumah asal siapin logistic sendiri ya hehehehehe


About these ads

2 gagasan untuk “Liburan di Rumah Nenek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s